Jumat, 08 Juni 2012

melatih mentalitas

aku anak sholeh amiin
kadang anak anak kita jika punya sesuatu apalagi yang baru pasti berkeinginan untuk memamerkanya pada temen temenya,.jangan di marahin dulu ya jika memang anak anak kita punya watak demikian,karena itu adalah sifat anak anak yang ingin menunjukan siapa jati dirinya

pengalaman saya tentang anak saya, dia punya sesuatu yang baru ingin menunjukan pada orang lain bahkan kadang tidurpun di kelonin,.hehee
saya gak langsung memarahinya hanya saja menginggatkan kalau sesuatu itu tidak lah harus di kasih tahukan pada orang lain ya

dengan polos anaku bertanya kenapa ma? kan biar bisa di pakai mainan bareng kata anaku,dengan bahasa yang gampang agar tidak mengulanginya maksud saya aku bilang saja nanti kalau temenmu kepingin trs mainanmu di minta bagaimana gak enak kan?
dari situlah anaku mulai memahami,,.. memberi tahu anak harus dengan bahasa anak juga jangan berbelit belit nanti dia gk akan mengerti

dan repotnya setelah aku kasih tau demkian malah anaku jadi cenderung pelit sama temanya,kadang mainan takut kalau di minta sama temanya,langsung aku saat itu bepikir gimana caranya agar anaku bisa memahami maksudku,akirnya aku kasih nasehat lagi,.mainan boleh saja di pinjamkan ke temenya kan temenya meminjam dan pastinya kalau meminjam kan gak bakalan di minta,kecuali kalau dia bilang minta,

dan apa jawaban anaku tapi ma aku takut klau nanti mainanku di bawa pulang ma,..lalu aku kasih tau ke anaku meminjami mainan itu nanti kamu di sayang sama temen temenmu,kalau kamu pelit temenmu gak mau lagi main sama kamu,iapun akhirnya megiyakan

anak anak memang mempunyai sifat yang polos dan memang ego nya masih tinggi merasa paling benar dan juga merasa ini lho aku,.tapi itu wajar ,karena anak anak belum bisa berpikir secara luas tentang segala sesuatunya,kita arahkan saja dengan contoh contoh yng gampang di pahami

jangan menuntut anak anak kita seperti yang kita mau dan inginkan karena anak anak mempunyai watak dan sifat yang berbeda beda,bukankah kita sendiripun juga gak mau di sama samakan dengan yang lainnya?
kita arahkan kita kasih nasehat dengan bahasa yang mudah di pahami dan di mengerti

contoh ni,ada api anak kita mainan api jangan langsung teriak saja,tapi mendekatlah sambil meminta apiya dan di kasih tau nak api itu panas nanti kalau kamu kena api tanganmu bisa sakit,dan bahayanya bisa terbakar .
coba kalau kita hanya teriak teriak tanpa memerberi contoh,heem yang ada otot leher bisa kaku,dan ujung ujnng anak anak kita semkin membangkang karena dah biasa dengan teriakan kita,.heheee

sahabatku smua aku membuat postingan ini juga sambil belajar dari buka melatih mentalitas anak anak kita,jika anak itu nakal atau agak bandel jangan langsung di marah dan di kasar tapi kasih pengertian terlebih dahulu di saat anak itu hati nya lagi seneng dan suasananya juga lagi enak,.

mari kita banyak belajar memahami dan mengarahkan anak anak kita agar menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab,mari kita banyak mencari ilmu dengan membaca ataupun yang lainnya agar kita bisa tau cara bagaimana mengarahkan anak anak kita dengan baik,karena bagaimanapun juga perkembangan jaman saat ini begitu pesat,

mudah mudahan anak anak kita selalu menjadi anak yang sholeh dan juga bisa menjadi pribadi yang baik amiiin ya alloh  ,ini dulu dari saya mudah mudahan baik untuk saya dan kalian terimakasih untuk buku ( melatih mentalitas anak )  (salam rosita )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar